Langsung ke konten utama

Fungsi Manajemen PT Indosat Tbk


FUNGSI MANAJEMEN
PT INDOSAT TBK

            PT Indosat berdiri  pada tahun 1967 sebagai salah satu perusahaan penanaman modal asing di Indonesia. Indosat mengoperasikan pertama kali sistem komunikasi satelit internasional, sehingga teknologi muktahir telah menjadi bagian dari keberadaan Indosat. Dengan tujuan menguasai kemajuan dari teknologi, Indosat bertekad memastikan keunggulan dalam persaingan di masa mendatang. 1980 Indosat semakin berkembang menjadi perusahaan telekomunikasi internasional pertama yang dibeli dan dimiliki secara 100% oleh pemerintah Indonesia. 1994 Menjadi perusahaan publik, Indosat juga mendaftarkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia dan Bursa Efek New York.
            Fungsi manajemen terbagi 4 yaitu planning, organizing, actuating ,controlling. Penjelasan mengenai fungsi manajemen PT Indosat Tbk sebagai berikut :
1.      PLANNING (Perencanaan)
            Perencanaan  perusahaan harus disesuaikan dengan kondisi perusahaan yang ada. Sebelum melakukan analisis pada perencanaan strategi, digunakan analisa SWOT umtuk mengetahui kondisi perusahaan. 
·         Strengths (kekuatan), yaitu :
§  Adanya hak duopoli
§  Pengalaman dalam mengelola bisnis telekomunikasi internasional
§  Rangkaian produk dan jasa yang luas
§  Memiliki teknologi yang mutakhir
§  Kualitas produk dan jasa
§  Adanya citra perusahaan yang baik
·         Weakness
§  Kurangnya keinginan bersaing secara ketat karena adanya hak duopoli yang dimiliki.
·         Opportunities (kesempatan) yang dimiliki perusahaan, yaitu :
§  Besarnya pasar domestik yang belum tergarap
§  Perluasan bisnis baru yang mencakup core bisnis yang cukup menguntungkan
§  Bisnis telekomunikasi global yang menjanjikan. 
·         Threats (Ancaman) untuk perusahaan adalah 
§  Masuknya pendatang baru terutama dari luar negri sehubungan dengan berakhirnya hak duopoli yang dimiliki 
§  Adanya kompetisi global yang memasuki pasar domestic
§  Krisis ekonomi yang melanda Indonesia.
            Pada business focus re-ngineering, indosat fokus pada segmen seluler. Sedangkan pada restrukturisasi organisasi, indosat melakukan implementasi integrasi operasi satelindo dan IM3 melalui Indosat’s Cellular Integration Team, yakni satu jaringan, satu keputusan manajemen dan financial, serta sentralisasi manajemen. Disini ditekankan indosat sebagai operating seluler dan bukan sebagai holding company. Strategi-strategi ini dilihat sebagai target jangka panjang PT Indosat.
2.      ORGANIZING  (Pengorganisasian)
            Dalam sebuah perusahaan pasti memiliki struktur organisasi yang jelas dimana struktur organisasi sangat diperlukan untuk kepentingan perusahan untuk mencapai tujuan perusahaan itu. Seperti yang dikemukakan oleh Jennifer M. George and Gary Jones, struktur organisasi adalah sistem formal yang berhubungan dengan tugas dan pelaporan yang mengendalikan, mengkoordinasikan dan memotivasi pekerja sehingga mereka dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan orgasnisasi.
             Maka dari itu berikut adalah struktur organisasi pada PT. Indosat, Tbk :


     Dari struktur organisasi diatas kita dapat melihat bahwa PT. Indosat membuat struktur organisasi nya sesuai dengan bidang nya masing-masing, dimana setiap divisi dapat menyelesaikan masalah di bidangnya dengan pengambilan keputusan yang baik. Dari pengambilan keputusan yang baik akan membuat perusahaan ini dapat bertahan sampai sekarang dari presiden direktur dibagi menjadi beberapa cabang direktur dan dibagi bagi sesuai dengan divisi-divisi nya. yang memiliki tugas sesuai dengan bidangnya.
 Infrastruktur Perusahaan
            Indosat sebagai penyedia jasa telekomunikasi, jangakauan serta mutu dari jaringan dan infrastruktur adalah faktor kunci dalam memberikan data lebih cepat dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, pada tahun 2013 agar tidak kalah bersaing dalam jangka panjang Indosat membelanjakan modal sebesar Rp. 9.322,4 miliar dengan tujuan meningkatkan jaringan, kapasitas dan layanan bagi pelanggan maupun sistem pendukung internal. Indosat juga memperbarui perangkat dan menambah BTS nya mencapai 24.280 BTS untuk kebutuhan pelanggan korporasi maupun ritel.
3.      ACTUATING (Pengarahan)
            Pelaksanaan Pengendalian Perusahan pada PT. Indosat, Tbk di pegang oleh Direktur Utama dibantu tujuh Direktur yang masing-masing membawahi satu direktorat.Dalarn satu direktorat terbagi lagi menjadi beberapa Group, masing-masing dikepalai oleh seorang Group Head (GH). Setiap Group Head membawahi beberapa Divisi yang dikepalai oleh seorang Division Head (DH), dibantu oleh beberapa Manager yang masing-masing membawahi suatu Bagian. Adapula beberapa fungsi/tugas untuk setiap divisi yang meliputi:
§  Direktur Utama, bertugas memimpin, mengawasi, mengkoordinasi tugas-tugas dan PT Indosat sesuai peraturan perundang-undanganyang berlaku.
§  Wakil Direktur Utama, bertugas membantu dalam pelaksanaan menjalankan roda perusahaan.
§  Direktur, bertugas mengkoordinasi, melaksanakan pengawasan terhadap unit pelaksanaan operasional yang dibawahinya.
§  Group Head, bertugas:
            Mengarahkan, mengkoordinasidan mengevaluasi pelaksanaan ketja dan bagianbagian yang ada dalam group tersebut, Mengevaluasi dan merumuskan kebijakan Direktur yang bersangkutan dan mengimplementasikan pada masing-masing divisi serta menyampaikan alternatif penyempurnaan, Mengevaluasi setiap masukan dan usulan yang diterima dari bagian masing-masing Division Head.
§  Division Head, bertugas:
            Mengerahkan, mengkoordiansi dan mengevaluasi pelaksaan kerja dari bagian-bagian yang ada dalam divisi tersebut, Mengevaluasi setiap kebijakan direktur yang bersangkutan dan divisi masingmasing serta menyampaikan alternative penyempumaan, Merumuskan kebijakan direktur ke dalam kegiatan operasional masing-masing divisi, Mengevaluasi setiap masukan dan usulan yang diterima dari bagian masing-masing divisi.
            Dari penjelasan di atas PT Indosat Tbk telah cukup baik dalam mengawasi pelaksanaan Pengendalian dan juga termasuk anggaran, hal ini semakin baik dengan di bentuknya Komite Audit. Komite Audit dari PT Indosat Tbk melaksanakan tugasnya berdasarkan perjanjian tertulis yang disahkan oleh Dewan Komisaris. Berdasarkan perjanjian, Komite harus terdiri atas sekurang-kurangnya satu orang Komisaris Independen dan dua tenaga ahli independen eksternal sebagai anggota. Salah seorang Komisaris Independen diangkat sebagai ketua. 
            Dari analisis diatas dapat disimpulkan, bahwa:
§  Proses pengendalian manajemen PT Indosat Tbk terdiri dari: perencanaan strategi, penyusunan anggaran dan pelaksanaan.
§  PT Indosat Tbk menerapkan strategi bisnis yakni dengan business focus re-engineering dan restrukturisasi organisasi yang berkelanjutan. Pada business focus re-ngineering, indosat fokus pada segmen seluler. Sedangkan pada restrukturisasi organisasi, PT Indosat Tbk melakukan implementasi integrasi operasi satelindo dan IM3 melalui Indosat’s Cellular Integration Team.
§  Penyusunan anggaran pendapatan tahunan PT Indosat,Tbk dilakukan oleh bagian penyusunan anggaran, yaitu Group Controlling khususnya pada Divisi Revenue Analysis and Controlling. Divisi ini berada dibawah tanggungjawab dan koordinasi Group Head (GH) Controlling. Divisi ini berfungsi untuk menganalisis dan mengontrol setiap revenue yang ada di PT Indosat, Tbk.
§  Pelaksanaan Pengendalian Perusahan pada PT. Indosat, Tbk di pegang oleh Direktur Utama dibantu tujuh Direktur yang masing-masing membawahi satu direktorat.Dalarn satu direktorat terbagi lagi menjadi beberapa Group, masing-masing dikepalai oleh seorang Group Head (GH). Setiap Group Head membawahi beberapa Divisi yang dikepalai oleh seorang Division Head (DH), dibantu oleh beberapa Manager yang masing-masing membawahi suatu Bagian.
4.      CONTROLLING (Pengendalian)
            Pada proses pengendalian manajemen, terdapat perbedaan manajer dalam gaya kepemimpinan, kemampuan interpersonal, kemampuan teknis, pengalaman, dan pendekatan dalam pembuatan keputusan.Karena itu, dalam proses pengendalian manajemen terdapat proses interaksi antara manajer dan interaksi antara manajer dengan karyawan. Kegiatan-kegiatan dalam proses pengendalian manajemen formal meliputi penyusunan anggaran, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam analisa akan dibedakan antara proses pengendalian manajemen pada perusahaan dan pengendalian manajemen pada divisi secara khusus.
            Penyusunan anggaran pendapatan tahunan PT Indosat,Tbk dilakukan oleh bagian penyusunan anggaran, yaitu Group Controlling khususnya pada Divisi Revenue Analysis and Controlling. Divisi ini berada dibawah tanggung jawab dan koordinasi Group Head (GH) Controlling. Divisi ini berfungsi untuk menganalisis dan mengontrol setiap revenue yang ada di PT Indosat, Tbk. Divisi Revenue Analysis and Controlling sendiri terbagi menjadi 3 bagian yakni Cellular Revenue Analysis & Controlling, Fixed-MIDI Revenue Analysis & Controlling, Region Revenue Analysis & Controlling.
            Bagian Fixed-MIDI Revenue Analysis & Controlling mempunyai fungsi sebagai berikut :
§  Mengevaluasi dan menganalisis Fixed & MIDI revenue untuk setiap produk dan jasa.
§  Membuat laporan bulanan PT IndosatPCO (Parent Company Only)
§  Melakukan koordinasi dengan departemen lainnya, khususnya untuk implementasi program pada jaringan dan IT yang berhubungan dengan Fixed & MIDI revenue
§  Mengevaluasi dan menjalankan SAP module yang berhubungan dengan Fixed & MIDI revenue
§  Menargetkan revenue untuk "revenue driver Group and analyze" 
§  Menargetkan revenue setting untuk Director KPI dan menyediakan sesuai dengan realisasinya.

SUMBER :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koperasi Teratai Mandiri Pelopor Kesejahteraan Anggota Mako Korps Brimob Kelapa Dua, Depok

Koperasi Teratai Mandiri Pelopor Kesejahteraan Anggota Mako Korps Brimob Kelapa Dua, Depok! Koperasi Teratai Mandiri Lokasi : Jl. Akses UI No.24, Tugu, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16451 ABSTRAK Koperasi Teratai Mandiri didirikan pada tanggal 30 Mei 1984 oleh Drs. Merdekansyah yang beralamat di Jalan Akses UI Kelapa Dua Cimanggis, Depok. Pada awal didirikan koperasi ini diberi nama Primer Koperasi Kepolisian Korps Brigade Mobil atau Primkoppol Korps Brimob. Akibat adanya peraturan baru dari Kepolisian RI bahwa koperasi POLRI tidak boleh mengandung unsur nama POLRI, maka pada tanggal 18 Maret 2011 Primkoppol Korps Brimob berganti nama menjadi Kopersi Teratai Mandiri. Analisis ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai Koperasi Teratai Mandiri sebagai salah satu koperasi terbesar dan terbaik di Indonesia yang melakukan berbagai kegiatan untuk mensejahterakan Anggota Mako Korps Brimob dan masyarakat sekitar koperasi. Menurut Analisis sa

Struktur Organisasi PT Indosat Tbk

STRUKTUR ORGANISASI PT INDOSAT TBK ( DIREKSI & CHIEF )    Ahmad Abdulaziz A A Al-Neama as President Director and CEO             Chief Executive Officer yang menjadi singkatan dari CEO adalah sebuah jabatan eksekutif tertinggi yang bertanggung jawab penuh atas berjalannya perusahaan. Tugasnya meliputi seluruh kegiatan, dari mulai membentuk visi dan misi, menentukan strategi, hingga memanajemen perusahaan secara keseluruhan. Dalam istilah lain, CEO seringkali disamakan dengan seorang Presiden Direktur ataupun Direktur Utama. Namun terkadang ada juga sebuah perusahaan yang memiliki presiden direktur dan CEO dengan orang yang berbeda namun pada perusahaan yang saya ambil disini yaitu PT Indosat Tbk dimana mereka memiliki Presiden Direktur dan CEO dengan orang yang sama, dalam hal ini biasanya presiden direktur akan bertindak sebagai pengevaluasi proses berjalannya perusahaan. Posisi ini merupakan salah satu yang menentukan berjalan dengan baik atau tidaknya

Pengertian Upah,Gaji,Bonus dan Kompensasi

            PENGERTIAN UPAH,GAJI,BONUS DAN KOMPENSASI Pengertian Upah adalah suatu penerimaan sebagai imbalan dari pemberi kerja kepada penerima kerja termasuk tunjangan baik untuk pekerja sendiri maupun keluarganya. Upah Biasanya diberikan kepada pekerja yang melakukan pekerjaan kasar dan lebih banyak mengandalkan kekuatan fisik. Jumlah pembayaran upah biasanya diberikan secara harian atau berdasarkan unit pekerjaan yang diselesaikan. Pengertian Gaji adalah merupakan balas jasa yang dibayarkan kepada pemimpin, pengawas, pegawai tata usaha, pegawai kantor serta para manajer lainnya. Proses pembayaran gaji biasanya diberikan dalam setiap bulannya. Gaji biasanya tingkatannya lebih tinggi dari pada pembayaran-pembayaran kepada pekerja-pekerja upahan . Bonus adalah kompensasi tambahan yang diberikan kepada seorang karyawan yang nilainya di atas gaji normalnya. Bonus bisa digunakan sebagai penghargaan terhadap pencapaian tujuan-tujuan spesifik yang ditetapkan oleh perusahaan,