Langsung ke konten utama

Bisnis Hijab’s Clothing dan Business Advisor


TULISAN


Jika  kami mendapatkan modal yang cukup untuk mendirikan sebuah UKM,  kami akan mendirikan sebuah bisnis di bidang fashion yaitu bisnis hijab’s clothing.  Hijab’s Clothing merupakan sebuah produk yang sangat dimininati oleh kaum perempuan saat ini, dikarenakan trend hijab yang semakin hari semakin berinovasi mulai dari motif kerudung maupun bahan kerudung yang digunakan. Alasan kami memilih bisnis Hijab’s Clothing ini didasari oleh beberapa hal diantaranya :

1.         Hijab and Clothing merupakan pakaian yang sangat wajib digunakan oleh kaum muslimah di Indonesia dan juga karena Indonesia merupakan salah satu dengan mayoritas masyarakatnya yang beragama Islam.
2.    Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk menciptakan/membuat hijab/clothing sangatlah terjangkau.
3.       Motif dari hijab ataupun clothing itu sendiri dapat kita kreasikan sesuai dengan permintaan pasar saat ini/mengikuti trend jaman sekarang.

Berikut pembahasan tentang analisis 4P, target pasar dan pangsa pasar, serta model bisnis dari produk kami :

      4P (Product, Price, Place, Promotion)

1.      Product (Produk)

        Produk yang akan kami jual adalah Hijab serta pakaian muslimah (Clothing), Seperti :

·         Hijab Square Polos
·         Hijab Square Motif
·         Hijab Pashmina Polos
·         Hijab Pashmina Motif
·         Hijab Instan
·         Gamis
·         Cardigan
·         Syal

2.      Price (Harga)

              Harga yang kami targetkan untuk Hijab berkisar antara 45.000-85.000 tergantung dari bahan yang digunakan dan bermotif atau tidak. Kalau untuk pakaian kami targetkan berkisar antara 120.000-150.000, dan untuk syal kami targetkan berkisar antara 15.000-35.000. Dan untuk hijab Instan kami bandrol dengan harga 47.000 tetapi dengan system PO (Pre-Order) yang dimana constumer sudah pasti mendapatkan hijab tersebut tetapi harus menunggu hijab tersebut diproduksi terlebih dahulu.

3.      Place (Tempat)

        Keberhasilan suatu usaha juga didukung oleh dimana letak perusahaan tersebut didirikan. Usaha Hijab’s Clothing ini sendiri akan kami buatkan sebuah ruko kecil untuk tempat kami menjual produk Hijab’s Clothing kami.

4.      Promotion (Promosi)

        Untuk meningkatkan penjualan, maka bisnis kami harus memiliki strategi pemasaran yang baik. Hal – hal yang dapat dilakukan oleh bisnis Hijab’s Clothing kami adalah :
·         Pembagian brosur
·         Memasang iklan
·         Menaruh produk kami kedalam situs e-commerce
·        Melakukan system Endorsement kepada para Seelebgram (cara ini termasuk ampuh untuk jaman sekarang yang sudah serba teknologi)

Target dan Pangsa Pasar

            Dalam menjalankan usaha, seorang pengusaha harus tahu target dan pangsa pasarnya. Segmentasi pasar digunakan untuk meneliti pasar secara keseluruhan dan kemudian menempatkan konsumen dalam kelompok terpisah berdasarkan karakteristik umum. Setelah mengklasifikasikan konsumen, barulah suatu perusahaan dapat mengetahui kelompok mana yang terbaik dan tepat menjadi target pemasaran.

·         Segmentasi Pasar

            Segmentasi pasar untuk penjualan Hijab’s Clothing ini kami fokuskan pada penjualan di wilayah perkotaan. Karena berdasarkan pertimbangan kami, penduduk di wilayah perkotaan cenderung lebih konsumtif jika dibandingkan dengan penduduk yang tinggal di wilayah pedesaan.

·         Target Pasar

            Target pasar pada penjualan Hijab’s Clothing ini untuk kalangan menengah khususnya dikalangan remaja atau mahasiswa. Karena promosi bisnis kami mengutamakan media sosial yang umumnya digunakan oleh kalangan muda, maka dari itu remaja atau mahasiswa merupakan target pemasaran yang cocok untuk bisnis kami.

            Peluang Usaha Hijab’s Clothing

            Peluang untuk bisnis hijab terbilang angat bagus dan sangat cerah. Usaha hijab menjadi suatu pilihan usaha di bidang fashion terkini yang menjanjikan hingga banyak orang tertarik menekuni usaha tersebut. Peluang untuk usaha hijab muslim masih terbuka lebar serta sangat menguntungkan oleh siapa saja.

            Propek dalam Menjalankan Usaha Hijab’s Clothing

            Prospek dalam usaha hijab dapat dikatakan sangat cemerlang dan menguntungkan. Dimana melalui usaha hijab dapat mendatangkan keuntungan bombastis. Usaha yang bergelut dengan bisnis hijab memliki prospek sangat bagus dalam janga waktu kedepan. Bisnis hijab yang sejak dahulu tumbuh hingga sekarang masih berkembang  juga tak pernah sepi akan konsumen.

  Model Bisnis

            Model bisnis adalah suatu metode dalam melakukan bisnis agar perusahaan dapat menghasilkan pendapatan untuk mempertahankan keberadaan perusahaannya (Turban.2004,p11). Secara sederhana, model bisnis adalah rencana untuk bagaimana sebuah perusahaan akan menghasilkan uang. Dalam menjalankan bsnis pisang nugget ini, kami menerapkan model bisnis offline dan online. Model bisnis offline artinya pembeli dapat datang langsung ke toko untuk membeli produk yang mereka inginkan. Sedangkan model bisnis online maksudnya adalah pembeli dapat membeli produk kami dengan cara online atau tidak datang langsung ke toko. Kami akan bekerja sama dengan Go-Jek dan Grab untuk memudahkan pembeli melakukan pembelian secara online.

BUSINESS ADVISOR




DIAN PELANGI

Biodata

Nama Lengkap : Dian Wahyu Utami
Nama Panggilan : Dian Pelangi
Tempat Lahir : Palembang
Tanggal Lahir : 14 januari 1991
Pendidikan :
- TK Ikal Dolog, Palembag
- SD/MI 2 Palembang
- SMP Insan Kamil, Ponpes Al-Ihya Bogor
- SMK Negeri 1 Pekalongan

Lulus dari Ecole Superieure des Arts et Techniques de la Mode, Jakarta pada tahun 2009, Ia mengambil kursus Bahasa Arab pada tahun 2010 di Lessanul Arab, Kairo, Mesir. Dian juga termasuk dalam anggota Pengusaha Mode (APPMI) termuda ini menjadi designer di Gallery Dian Pelangi sejak tahun 2008. Seorang designer yang mampu menunjukkan pada dunia bahwa busana muslim dapat menjadi icon fashion yang mendunia. Karyanya sudah dipamerkan dibeberapa kota di Dunia seperti Kuala Lumpur, Singapura, Kairo, Pakistan, Amman, Praha, Budapest, London, Melbourne, Thailand dan beberapa kota besar di Indonesia.

Trend Baju Busana Muslim Modern kali ini menulis tentang desainer terkemuka Dian Pelangi. Nama asli dari Dian Pelangi adalah Dian Wahyu Utami, ia merupakan salah satu perancang busana kelas atas di Indonesia. Dian Pelangi, 21, adalah desainer utama Dian Pelangi Company, salah satu perusahaan busana muslim terkemuka di Indonesia. Lahir di Palembang pada tahun 1991, Pendidikan Dian Utami yaitu: TK Ikal Dolog di Palembag, SD MI 2 di Palembang, SMP Insan Kamil, Ponpes Al-Ihya Bogor dan SMK Negeri 1 Pekalongan, beliau kemudian lulus dari Ecole Superieur des Arts et Techniques de la Mode (ESMOD) pada 2008 dengan nilai yang tinggi.

Dikenal sebagai desainer yang multitalenta, Dian membawa angin segar nan penuh warna ke panggung busana muslim di Indonesia maupun mancanegara. Dian terinspirasi akan pelangi yang begitu kaya warna dan selalu berusaha menggali kekayaan budaya Indonesia, mulai dari tie dye yang cerah, songket yang indah, sampai batik yang mewah. Dian Pelangi merupakan salah satu tokoh yang paling berpengaruh dalam trend fashion bergaya di Indonesia. Banyak masyarakat yang tampaknya mengikuti hamper setiap gaya yang diciptakan oleh Dian Pelangi. Pada tahun 2012, Dian pelangi menerbitkan buku sendiri dengan judul Hijab Street Style yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Buku Hijab Street Style merupakan buku pertama Dian Pelangi yang diluncurkan pada tanggal 15 Juli 2012. Buku tersebut berisi mengenai 600 lebih foto muslimah dari berbagai Indonesia dan juga dari luar negeri seperti Kuala Lumpur, Singapura, Bangkok dan lain-lain.

Setelah diwawancarai oleh CNN pada tahun 2010, popularitas Dian melejit dan langsung menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh dan diikuti di dunia mode Indonesia. Menyadari pengaruhnya yang sudah sangat luas, anggota termuda dari Asosiasi Perancang Pengusaha Muda Indonesia (APPMI) ini menerbitkan sebuah buku yang berisi kumpulan ‘street style’ para muslimah yang ditemuinya di negara-negara yang ia kunjungi. Pada akhir 2011, Dian Pelangi diundang ke Paris untuk mengikuti The International Fair of Muslim World di Le Bourget dan memastikan jejaknya sebagai salah seorang desainer muda Indonesia yang patut diperhitungkan.


KELOMPOK 12 :

Fitria Syavira Harani
Mega Mayasari


SUMBER          :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koperasi Teratai Mandiri Pelopor Kesejahteraan Anggota Mako Korps Brimob Kelapa Dua, Depok

Koperasi Teratai Mandiri Pelopor Kesejahteraan Anggota Mako Korps Brimob Kelapa Dua, Depok! Koperasi Teratai Mandiri Lokasi : Jl. Akses UI No.24, Tugu, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16451 ABSTRAK Koperasi Teratai Mandiri didirikan pada tanggal 30 Mei 1984 oleh Drs. Merdekansyah yang beralamat di Jalan Akses UI Kelapa Dua Cimanggis, Depok. Pada awal didirikan koperasi ini diberi nama Primer Koperasi Kepolisian Korps Brigade Mobil atau Primkoppol Korps Brimob. Akibat adanya peraturan baru dari Kepolisian RI bahwa koperasi POLRI tidak boleh mengandung unsur nama POLRI, maka pada tanggal 18 Maret 2011 Primkoppol Korps Brimob berganti nama menjadi Kopersi Teratai Mandiri. Analisis ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai Koperasi Teratai Mandiri sebagai salah satu koperasi terbesar dan terbaik di Indonesia yang melakukan berbagai kegiatan untuk mensejahterakan Anggota Mako Korps Brimob dan masyarakat sekitar koperasi. Menurut Analisis sa

Struktur Organisasi PT Indosat Tbk

STRUKTUR ORGANISASI PT INDOSAT TBK ( DIREKSI & CHIEF )    Ahmad Abdulaziz A A Al-Neama as President Director and CEO             Chief Executive Officer yang menjadi singkatan dari CEO adalah sebuah jabatan eksekutif tertinggi yang bertanggung jawab penuh atas berjalannya perusahaan. Tugasnya meliputi seluruh kegiatan, dari mulai membentuk visi dan misi, menentukan strategi, hingga memanajemen perusahaan secara keseluruhan. Dalam istilah lain, CEO seringkali disamakan dengan seorang Presiden Direktur ataupun Direktur Utama. Namun terkadang ada juga sebuah perusahaan yang memiliki presiden direktur dan CEO dengan orang yang berbeda namun pada perusahaan yang saya ambil disini yaitu PT Indosat Tbk dimana mereka memiliki Presiden Direktur dan CEO dengan orang yang sama, dalam hal ini biasanya presiden direktur akan bertindak sebagai pengevaluasi proses berjalannya perusahaan. Posisi ini merupakan salah satu yang menentukan berjalan dengan baik atau tidaknya

Pengertian Upah,Gaji,Bonus dan Kompensasi

            PENGERTIAN UPAH,GAJI,BONUS DAN KOMPENSASI Pengertian Upah adalah suatu penerimaan sebagai imbalan dari pemberi kerja kepada penerima kerja termasuk tunjangan baik untuk pekerja sendiri maupun keluarganya. Upah Biasanya diberikan kepada pekerja yang melakukan pekerjaan kasar dan lebih banyak mengandalkan kekuatan fisik. Jumlah pembayaran upah biasanya diberikan secara harian atau berdasarkan unit pekerjaan yang diselesaikan. Pengertian Gaji adalah merupakan balas jasa yang dibayarkan kepada pemimpin, pengawas, pegawai tata usaha, pegawai kantor serta para manajer lainnya. Proses pembayaran gaji biasanya diberikan dalam setiap bulannya. Gaji biasanya tingkatannya lebih tinggi dari pada pembayaran-pembayaran kepada pekerja-pekerja upahan . Bonus adalah kompensasi tambahan yang diberikan kepada seorang karyawan yang nilainya di atas gaji normalnya. Bonus bisa digunakan sebagai penghargaan terhadap pencapaian tujuan-tujuan spesifik yang ditetapkan oleh perusahaan,