TULISAN
Jika
kami mendapatkan modal yang cukup untuk mendirikan sebuah UKM, kami akan mendirikan sebuah bisnis di bidang
fashion yaitu bisnis hijab’s clothing.
Hijab’s Clothing merupakan sebuah produk yang sangat dimininati oleh
kaum perempuan saat ini, dikarenakan trend hijab yang semakin hari semakin
berinovasi mulai dari motif kerudung maupun bahan kerudung yang digunakan.
Alasan kami memilih bisnis Hijab’s Clothing ini didasari oleh beberapa hal
diantaranya :
1. Hijab and Clothing merupakan pakaian yang
sangat wajib digunakan oleh kaum muslimah di Indonesia dan juga karena
Indonesia merupakan salah satu dengan mayoritas masyarakatnya yang beragama
Islam.
2. Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk menciptakan/membuat
hijab/clothing sangatlah terjangkau.
3. Motif dari
hijab ataupun clothing itu sendiri dapat kita kreasikan sesuai dengan
permintaan pasar saat ini/mengikuti trend jaman sekarang.
Berikut pembahasan tentang analisis
4P, target pasar dan pangsa pasar, serta model bisnis dari produk kami :
4P
(Product, Price, Place, Promotion)
1. Product
(Produk)
Produk yang
akan kami jual adalah Hijab serta pakaian muslimah (Clothing), Seperti :
·
Hijab
Square Polos
·
Hijab
Square Motif
·
Hijab
Pashmina Polos
·
Hijab
Pashmina Motif
·
Hijab
Instan
·
Gamis
·
Cardigan
·
Syal
2. Price (Harga)
Harga yang kami targetkan untuk Hijab
berkisar antara 45.000-85.000 tergantung dari bahan yang digunakan dan bermotif
atau tidak. Kalau untuk pakaian kami targetkan berkisar antara 120.000-150.000,
dan untuk syal kami targetkan berkisar antara 15.000-35.000. Dan untuk hijab
Instan kami bandrol dengan harga 47.000 tetapi dengan system PO (Pre-Order)
yang dimana constumer sudah pasti mendapatkan hijab tersebut tetapi harus menunggu
hijab tersebut diproduksi terlebih dahulu.
3. Place (Tempat)
Keberhasilan
suatu usaha juga didukung oleh dimana letak perusahaan tersebut didirikan. Usaha
Hijab’s Clothing ini sendiri akan kami buatkan sebuah ruko kecil untuk tempat
kami menjual produk Hijab’s Clothing kami.
4. Promotion (Promosi)
Untuk
meningkatkan penjualan, maka bisnis kami harus memiliki strategi pemasaran yang
baik. Hal – hal yang dapat dilakukan oleh bisnis Hijab’s Clothing kami adalah :
· Pembagian
brosur
· Memasang
iklan
· Menaruh produk
kami kedalam situs e-commerce
· Melakukan system
Endorsement kepada para Seelebgram (cara ini termasuk ampuh untuk jaman
sekarang yang sudah serba teknologi)
Target dan Pangsa Pasar
Dalam
menjalankan usaha, seorang pengusaha harus tahu target dan pangsa pasarnya.
Segmentasi pasar digunakan untuk meneliti pasar secara keseluruhan dan kemudian
menempatkan konsumen dalam kelompok terpisah berdasarkan karakteristik umum.
Setelah mengklasifikasikan konsumen, barulah suatu perusahaan dapat mengetahui
kelompok mana yang terbaik dan tepat menjadi target pemasaran.
· Segmentasi
Pasar
Segmentasi
pasar untuk penjualan Hijab’s Clothing ini kami fokuskan pada penjualan di
wilayah perkotaan. Karena berdasarkan pertimbangan kami, penduduk di wilayah
perkotaan cenderung lebih konsumtif jika dibandingkan dengan penduduk yang
tinggal di wilayah pedesaan.
· Target Pasar
Target pasar
pada penjualan Hijab’s Clothing ini untuk kalangan menengah khususnya
dikalangan remaja atau mahasiswa. Karena promosi bisnis kami mengutamakan media
sosial yang umumnya digunakan oleh kalangan muda, maka dari itu remaja atau
mahasiswa merupakan target pemasaran yang cocok untuk bisnis kami.
Peluang Usaha Hijab’s Clothing
Peluang
untuk bisnis hijab terbilang angat bagus dan sangat cerah. Usaha hijab menjadi
suatu pilihan usaha di bidang fashion terkini yang menjanjikan hingga banyak
orang tertarik menekuni usaha tersebut. Peluang untuk usaha hijab muslim masih
terbuka lebar serta sangat menguntungkan oleh siapa saja.
Propek dalam Menjalankan Usaha Hijab’s
Clothing
Prospek
dalam usaha hijab dapat dikatakan sangat cemerlang dan menguntungkan. Dimana
melalui usaha hijab dapat mendatangkan keuntungan bombastis. Usaha yang
bergelut dengan bisnis hijab memliki prospek sangat bagus dalam janga waktu
kedepan. Bisnis hijab yang sejak dahulu tumbuh hingga sekarang masih
berkembang juga tak pernah sepi akan konsumen.
Model Bisnis
Model
bisnis adalah suatu metode dalam melakukan bisnis agar perusahaan dapat
menghasilkan pendapatan untuk mempertahankan keberadaan perusahaannya
(Turban.2004,p11). Secara sederhana, model bisnis adalah rencana untuk
bagaimana sebuah perusahaan akan menghasilkan uang. Dalam menjalankan bsnis
pisang nugget ini, kami menerapkan model bisnis offline dan online. Model
bisnis offline artinya pembeli dapat datang langsung ke toko untuk membeli
produk yang mereka inginkan. Sedangkan model bisnis online maksudnya adalah
pembeli dapat membeli produk kami dengan cara online atau tidak datang langsung
ke toko. Kami akan bekerja sama dengan Go-Jek dan Grab untuk memudahkan pembeli
melakukan pembelian secara online.
BUSINESS ADVISOR
DIAN PELANGI
Biodata
Nama Lengkap : Dian Wahyu Utami
Nama Panggilan : Dian Pelangi
Tempat Lahir : Palembang
Tanggal Lahir : 14 januari 1991
Pendidikan :
- TK Ikal Dolog, Palembag
- SD/MI 2 Palembang
- SMP Insan Kamil, Ponpes Al-Ihya Bogor
- SMK Negeri 1 Pekalongan
Lulus dari Ecole Superieure des Arts
et Techniques de la Mode, Jakarta pada tahun 2009, Ia mengambil kursus Bahasa
Arab pada tahun 2010 di Lessanul Arab, Kairo, Mesir. Dian juga termasuk dalam
anggota Pengusaha Mode (APPMI) termuda ini menjadi designer di Gallery Dian
Pelangi sejak tahun 2008. Seorang designer yang mampu menunjukkan pada dunia
bahwa busana muslim dapat menjadi icon fashion yang mendunia. Karyanya sudah
dipamerkan dibeberapa kota di Dunia seperti Kuala Lumpur, Singapura, Kairo,
Pakistan, Amman, Praha, Budapest, London, Melbourne, Thailand dan beberapa kota
besar di Indonesia.
Trend Baju Busana Muslim Modern kali
ini menulis tentang desainer terkemuka Dian Pelangi. Nama asli dari Dian
Pelangi adalah Dian Wahyu Utami, ia merupakan salah satu perancang busana kelas
atas di Indonesia. Dian Pelangi, 21, adalah desainer utama Dian Pelangi
Company, salah satu perusahaan busana muslim terkemuka di Indonesia. Lahir di
Palembang pada tahun 1991, Pendidikan Dian Utami yaitu: TK Ikal Dolog di
Palembag, SD MI 2 di Palembang, SMP Insan Kamil, Ponpes Al-Ihya Bogor dan SMK
Negeri 1 Pekalongan, beliau kemudian lulus dari Ecole Superieur des Arts et
Techniques de la Mode (ESMOD) pada 2008 dengan nilai yang tinggi.
Dikenal sebagai desainer yang
multitalenta, Dian membawa angin segar nan penuh warna ke panggung busana
muslim di Indonesia maupun mancanegara. Dian terinspirasi akan pelangi yang
begitu kaya warna dan selalu berusaha menggali kekayaan budaya Indonesia, mulai
dari tie dye yang cerah, songket yang indah, sampai batik yang mewah. Dian
Pelangi merupakan salah satu tokoh yang paling berpengaruh dalam trend fashion
bergaya di Indonesia. Banyak masyarakat yang tampaknya mengikuti hamper setiap
gaya yang diciptakan oleh Dian Pelangi. Pada tahun 2012, Dian pelangi menerbitkan
buku sendiri dengan judul Hijab Street Style yang diterbitkan oleh Gramedia
Pustaka Utama. Buku Hijab Street Style merupakan buku pertama Dian Pelangi yang
diluncurkan pada tanggal 15 Juli 2012. Buku tersebut berisi mengenai 600 lebih
foto muslimah dari berbagai Indonesia dan juga dari luar negeri seperti Kuala
Lumpur, Singapura, Bangkok dan lain-lain.
Setelah diwawancarai oleh CNN pada
tahun 2010, popularitas Dian melejit dan langsung menjadi salah satu tokoh
paling berpengaruh dan diikuti di dunia mode Indonesia. Menyadari pengaruhnya
yang sudah sangat luas, anggota termuda dari Asosiasi Perancang Pengusaha Muda
Indonesia (APPMI) ini menerbitkan sebuah buku yang berisi kumpulan ‘street
style’ para muslimah yang ditemuinya di negara-negara yang ia kunjungi. Pada
akhir 2011, Dian Pelangi diundang ke Paris untuk mengikuti The International
Fair of Muslim World di Le Bourget dan memastikan jejaknya sebagai salah
seorang desainer muda Indonesia yang patut diperhitungkan.
KELOMPOK 12 :
Fitria Syavira Harani
Mega Mayasari
SUMBER :
Komentar
Posting Komentar