Tugas 2
Indonesia memiliki potensi
pengembangan industri kreatif yang sangat besar. Badan Pusat Statistik
Indonesia mencatat bahwa Indonesia memiliki 1.128 suku bangsa. Setiap suku memiliki
bahasa, tarian, rumah adat, pakaian adat, dan makanan khas yang beragam. Selain
kekayaan demografi, Indonesia tersusun dari 17.504 gugusan pulau; menjadikan
Indonesia sebagai destinasi pariwisata yang mengagumkan. Kekayaan budaya
nusantara inilah yang menjadi penyubur berkembangnya industri kreatif di
Indonesia sekaligus suatu keunggulan kompetitif yang tidak dimiliki negara
lain.
Indonesia yang saat ini tengah
mengalami bonus demografi memiliki porsi jumlah penduduk usia produktif lebih
besar dibandingkan penduduk usia nonproduktif. Industri kreatif yang banyak
dimotori kaum muda dapat berkembang pesat saat bonus demografi berlangsung.
Selain faktor kekayaan budaya dan
sumber daya manusia, Indonesia juga mengalami kondisi ekonomi yang cukup baik. Hal
ini ditandai dengan bertambahnya jumlah masyarakat berpendapatan menengah.
Peningkatan kemampuan ekonomi dan daya beli masyarakat merupakan peluang yang
menguntungkan bagi industri kreatif dalam negeri untuk terus berkembang.
Masyarakat rela membayar sedikit mahal untuk membeli barang yang lebih
berkualitas.
Di sisi lain, industri kreatif
domestik juga menghadapi tantangan yang cukup berat. Memasuki era pasar bebas
ASEAN akhir 2015 mendatang, industri kreatif dalam negeri harus bersaing dengan
produk-produk impor dengan harga dan kualitas yang kompetitif, khususnya
produk-produk dari Singapura, Malaysia dan Thailand. Jumlah penduduk Indonesia
yang besar dan kenaikan jumlah masyarakat berpendapatan menengah menjadikan
Indonesia sebuah pasar yang sangat menarik, tidak hanya bagi negara-negara di
kawasan ASEAN, tetapi juga negara lain seperti Jepang, Korea, China, dan Eropa.
Selain kualitas produk, faktor lain yang tidak kalah penting bagi produk
industri kreatif adalah menciptakan brand image produk lokal. Strategi
marketing dan branding produk industri kreatif Indonesia perlu ditingkatkan
sehingga dapat menghasilkan nilai tambah dan berdaya saing.
Industri kreatif sangat bergantung
dengan kualitas sumber daya manusia. Bonus demografi di Indonesia dapat mendorong
berkembangnya industri kreatif asal diimbangi dengan peningkatan kualitas
sumber daya manusia. Jika banyaknya jumlah penduduk tidak diimbangi dengan
peningkatan kualitas, kondisi tersebut hanya akan menambah angka
ketergantungan.
Pertumbuhan Industri Kreatif
DiBerbagai Sektor
Pertumbuhan
industri kreatif mengalami peningkatan yang bervariatif dari berbgai sektor.
Pertumbuhan industri kreatif di dorong dari berbagai sektor. Peranan industri
kreatif sangat berperang penting terhadap pertumbuhan ekonomi secara global,
baik ekonomi makro ataupun UKM
Tabel Perkembangan Ekonomi Kreatif Dari
Berbagai Sektor Dari Tahun 2011-2015
|
||||||
No.
|
Lapangan Usaha
|
2011
|
2012
|
2013
|
2014
|
2015
|
1
|
Industri Makanan dan Minuman
|
5,24%
|
5,31%
|
5,14%
|
5,32%
|
5,61%
|
3
|
Industri Tekstil dan Pakaian Jadi
|
1,38%
|
1,35%
|
1,36%
|
1,32%
|
1,21%
|
4
|
Industri Kulit, Barang dari Kulit dan Alas
Kaki
|
0,28%
|
0,25%
|
0,26%
|
0,27%
|
0,27%
|
5
|
Industri Kayu, Barang dari Kayu dan Gabus
dan Barang Anyaman dari Bambu, Rotan dan Sejenisnya
|
0,76%
|
0,70%
|
0,70%
|
0,72%
|
0,67%
|
6
|
Industri Furnitur
|
0,28%
|
0,26%
|
0,26%
|
0,27%
|
0,27%
|
7
|
Ekspor Kerajinan Tangan
|
–
|
15.54%
|
17.77%
|
20.18%
|
21.72%
|
8
|
fashion dan kerajinan
|
44,3%
|
24,8 %
|
–
|
–
|
|
9
|
Industri Periklanan
|
15%
|
20%
|
–
|
–
|
–
|
Sumber: BPS,
Pusdatin Kemenperin
Kontribusi Industri Kreatif
Industri
kreatif di indonesia sudah memberikan kontribusi yang baik untuk membantu
perekonomian nasional. Hal tersebut bisa terlihat dari meningkatnya jumlah
industri kreatif di indonesia. Sehingga bisa memberikan kontribusi
yang sangat baik untuk pertumbuhan ekonomi nasional.
Perkembangan
industri kreatif di indonesia sudah
semakin berkembang pesat itu sudah terlihat dari beberapa daerah di indonesia.
Tentu ini menjadikan industri kreatif sangat berpotensi bisa berkembang di
indonesia. Ekspor industri kreatif di indonesia mengalami
peningkatan setiap tahunnya. Lalu apa saja yang melatarbelakangi perkembangan
industri kreatif.
·
Kreativitas
Dalam dunia
industri kreatif tentu harus memiliki kreatifitas yang tinggi. karena pelaku
industri kreatif kebanyakan anak muda sehingga kreatifitas dan potensi mereka
tanpa batas. Sehingga bisa membantu mendorong perkembangan industri kreatif di
indonesia.
·
Kemajuan
Teknologi
Kemajuan
teknologi sangat mempengaruhi industri kreatif tanah air. Seperti yang kita tahu
kecanggihan teknologi sudah menjadi pendukung bagi pelaku industri kreatif
menengah.
·
Media sosial
Tidak bisa
dipungkiri lagi peran media sosial sangat memberikan potensi besar bagi pelaku
bisnis tak terkecuali pelaku industri kreatif. Karena bisa menawarkan barang
untuk di jual melalui media sosial, sehingga ikut membantu dalam perkembangan
industri kreatif
Kelompok 12 :
Fitria Syavira Harani
Mega Mayasari
Sumber :
Komentar
Posting Komentar