Pengertian Marketing Mix
Marketing Mix secara
bahasa adalah Bauran Pemasaran, sedangkan menurut istilah Marketing Mix
adalah strategi pemasaran yang di laksanakan secara terpadu atau strategi
pemasaran yang di lakukan secara bersamaan dalam menerapkan elemen strategi
yang ada dalam marketing mix itu sendiri.
7P dalam Marketing Mix
1. Produk
2. Price
3. Promotion
4. Place
5. Partisipant/ People
6. Proses
7. Physical Evidence
Orientasi Pasar
Orientasi
pasar merupakan budaya organisasi yang efektif dan efisien untuk menciptakan
perilaku yang dibutuhkan untuk menciptakan “superior value” bagi pembeli dan
“superior performance” bagi perusahaan. Oleh karena itu dimensi utama dari orientasi
pasar adalah customer orientation (orientasi pelanggan) dan competitor
orientation (orientasi pesaing).
Contoh
perusahaan yang melakukan Orientasi Pasar yaitu Perusahaan yang menciptakan
produk dan mereka melakukan promosi dengan turun kejalan dan memberikan sample,
setelah sample tersebut dicoba mereka akan membagikan kuosioner yang harus
diisi oleh sampler agar perusahaan tau bahwa produk yang mereka ciptakan akan
diterima dan disukai masyarakat apa tidak. Sedangkan, perusahaan yang tidak
melakukan orientasi pasar mereka hanya membagikan sample kepada masyarakat
sekitar tanpa memberikan kousioner apakah mereka suka atau tidak dan mereka
akan tetap memasarkan produk tersebut. Jadi, perusahaan yang akan bertahan
dalam jangka panjang adalah perusahaan yang melakukan orientas pasar.
Permasalahan Harga
Masalah
harga dapat memberikan dorongan bagi produsen untuk membuat barang itu karena
mereka mempertimbangkan factor produksi yang mereka gunakan saat mereka membuat
barang dan penentuan harga tersebut supaya untuk mereka bisa mendapatkan laba
untuk membayar upah dan gaji atau membayar faktorfaktor produksi yang telah
mereka gunakan dan mereka juga akan mempertimbangkan apakah itu bisa diterima
oleh masyarakat atau tidak. Dan pengaruh harga bagi konsumen dalam menetapkan
pembeliannya karena harga sangat berpengaruh dan termasuk kedalam perilaku
konsumen yaitu harga barang itu sendiri dan pendapatan konsumen, apabila harga
barang tersebut relative mahal maka konsumen akan berfikir kembali apakah
mereka akan membeli barang tersebut dan barang tersebut adalah kebutuhan yang
sangat prioritas apa tidak dan apabila harga tersebut menurut mereka mahal maka
mereka akan mencari barang pengganti (komplementer).
SUMBER :
Komentar
Posting Komentar